• Senin, 28 November 2022

Serangan Umum 1 Maret 1949 dan Pistol Owen Kesayangan Soeharto

- Rabu, 9 Maret 2022 | 07:40 WIB
Sri Sultan Hamengku Buwono IX saat menerima laporan Letkol Soeharto. Foto: Istimewa/Harianmassa.id
Sri Sultan Hamengku Buwono IX saat menerima laporan Letkol Soeharto. Foto: Istimewa/Harianmassa.id

HARIAN MASSA - Peran Presiden RI kedua Soeharto dalam Serangan Umum 1 Maret 1949 sangat penting. Soeharto merupakan pemimpin yang menyiapkan serangan umum dan mencapai kemenangan gemilang.

Dimulai jam 6 pagi, pada 1 Maret 1949, bersamaan dengan dibunyikannya sirene akhir jam malam, terdengar suara tembakan bergemuruh di seluruh kota. Terjadi pertempuran hebat, dengan menggunakan taktik gerilya.

"Dari pelbagai arah kami menyerang kota," kenang Soeharto, seperti dikutip Harian Massa, dari otobiografinya yang berjudul Soeharto, Pikiran, Ucapan dan Tindakan Saya, halaman 60.

Baca juga: Film Janur Kuning Propaganda Orde Baru Tonjolkan Peran Soeharto Hapus Klaim Sultan

Dibeberkan Soeharto lagi, pasukan telah melakukan taktik gerilya dengan menyusup ke dalam kota yang telah dikuasai Belanda, sejak sore. Saat pagi hari, sebelum sirene berbunyi, pasukan gerilya sudah di depan pertahanan Belanda.

Serangan mengejutkan ini sangat mengagetkan Kolonel Van Langen yang baru terbangun dari tidurnya. Dia tidak menyangka, serangan itu bisa dilakukan begitu rapi, sehingga dalam waktu singkat kota bisa dikuasai.

"Dalam waktu singkat kami kuasai seluruh kota. Bendera merah putih dikibarkan di Jalan Malioboro dan beberapa tempat lainnya. Rakyat menyambut kami dengan pekik merdeka!," sambung Soeharto lagi.

Baca juga: Fadli Zon Membela Soeharto terkait Keppres Serangan Umum 1 Maret 1949

Yogyakarta bisa dikuasai pasukan gerilya hingga tengah hari. Saat Van Langen meminta bantuan Brigade Gajah Merah yang dipimpin Kolonel Van Zanten, di Semarang, Soeharto langsung memerintahkan pasukannya untuk mundur.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Kekejaman Amangkurat I, Nomor 3 Paling Brutal

Senin, 21 November 2022 | 06:30 WIB
X