• Senin, 8 Agustus 2022

Ratu Kidul Pelindung Mataram, Putri Pajajaran yang Dikutuk Jadi Ratu Roh Halus

- Kamis, 17 Februari 2022 | 07:35 WIB
Nora Alexandra berpose Ratu Kidul. Foto: Istimewa
Nora Alexandra berpose Ratu Kidul. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Sosok Ratu Kidul atau Nyi Lara Kidul, Dewi Laut Selatan, disebut-sebut sebagai pelindung Mataram. Menurut tradisi Mataram, Ratu Kidul sosok putri Pajajaran yang diusir ayahnya dari istana.

Tidak hanya itu, Raja Pajajaran lalu mengutuk putrinya itu. Dia dijadikan ratu roh-roh halus dengan istananya di bawah perairan Samudera Hindia, dan baru akan menjadi wanita biasa lagi saat hari kiamat.

Ratu Kidul konon tidak hanya menguasai ombak-ombak Samudera Selatan yang mengamuk, tetapi juga semua dedemit yang melanda dan mengancam kerajaan. Berikut ulasan Harian Massa tentang Nyi Lara Kidul.

Baca juga: Sultanah Malikah Nahrasiyah, Mercusuar Kerajaan Islam Samudera Pasai di Asia Tenggara

Dalam naskah-naskah Babad Tanah Jawi disebutkan, Ratu Kidul bertemu dengan Raden Susuruh, pendiri Majapahit, di Parang Tritis, pantai selatan Jogjakarta dan bersetubuh dengannya, di istananya yang ada di bawah laut.

Dengan bersenggama dengannya, senopati mengadakan semacam perjanjian dengan alam gaib yang memperkukuh keseimbangan alam dan dengan demikian menjamin keamanan bagi kawulanya.

Ratu Kidul mengatakan, dia akan menjadi pengabdinya dan seluruh keturunannya yang memerintah di tanah Mataram.

Baca juga: Cerita Rakyat: Asal Usul Gunung Semeru dan Air Suci Tirta Kamandalu

Tidak hanya itu, setelah senopati melewatkan waktu dan bersenggama dengannya di istana bawah airnya, selama tiga hari lamanya, Ratu Kidul juga menjanjikan dukungan laskar roh halusnya kepada senopati.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X