• Senin, 28 November 2022

Bikin Merinding! Pesan dari Dalam Kubur Kiai Bisri kepada Anaknya Gus Mus

- Minggu, 13 Februari 2022 | 07:55 WIB
KH. Bisri Mustofa (pendiri pondok pesantren Roudlotut Tholibin Leteh Rembanh) bersama kedua putranya, KH. Cholil Bisri & KH. Mustofa Bisri, waktu masih kecil-kecil. Foto: Sejarah Ulama
KH. Bisri Mustofa (pendiri pondok pesantren Roudlotut Tholibin Leteh Rembanh) bersama kedua putranya, KH. Cholil Bisri & KH. Mustofa Bisri, waktu masih kecil-kecil. Foto: Sejarah Ulama

HARIAN MASSA - Pengalaman spiritual mendapat pesan dari orang yang sudah meninggal dialami KH Mustofa Bisri (Gus Mus). Pesan dari alam kubur itu datang dari ayahnya sendiri, Kiai Bisri.

Dilansir dari Twitter Sejarah Ulama @SejarahUlama. Dikisahkan suatu hari KH Musthofa Bisri (Gus Mus), putra Kiai Bisri Musthofa, pengasuh Pesantren Raudhatut Thalibin Rembang, Jawa Tengah, kedatangan tamu dari Cirebon, Jawa Barat.

Kemudian terjadi percakapan berikut ini:

Baca juga: Kisah Asmaul Husna: Budak Perempuan yang Disiksa hingga Matanya Buta

Tamu: Assalamu ‘alaikum. Anda Gus Mus?
Gus Mus: Ya, benar, saya Musthofa.
Tamu: Saya dari Cirebon. Saya ingin menyampaikan pesan Kiai Bisri. Beliau berpesan kepada saya agar menemui Anda, dan meminta agar Anda mengoreksi cetakan Al-Quran Menara Kudus. Karena pada cetakan itu, dalam surah Al-Fath, di situ ada kesalahan kecil.

Tentu saja Kiai Musthofa kaget. Namun dia berusaha untuk tidak mengecewakan tamunya. Dia menahan diri untuk mengatakan yang sebenarnya.

Percakapan berlanjut:

Gus Mus: Kapan Anda ketemu beliau?
Tamu: Kemarin di Cirebon (dengan nada datar).

Gus Mus kemudian tidak terlalu memikirkan hai ihwal tamunya. Pesannya itulah yang lebih istimewa. Kepada tamunya itu, Gus Mus mengungkapkan bahwa Kiai Bisri adalah ayahnya. Tetapi, telah meninggal empat puluh hari sebelumnya.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Kekejaman Amangkurat I, Nomor 3 Paling Brutal

Senin, 21 November 2022 | 06:30 WIB
X