• Selasa, 9 Agustus 2022

Kisah Asmaul Husna: Sepotong Roti Ali bin Abi Thalib dan Fatimah

- Kamis, 10 Februari 2022 | 09:45 WIB
Ilustrasi sepotong roti. Foto: Istimewa
Ilustrasi sepotong roti. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Asmaul husna adalah nama-nama Allah yang baik dan indah sesuai dengan sifat-sifat-Nya. Asmaul Husna ada 99 nama. Setiap nama memiliki arti dan kisah teladannya sendiri-sendiri.

Kisah-kisah itu sangat menarik untuk diceritakan kembali agar dapat diambil hikmahnya pada kehidupan saat ini.

Nama pertama dari Asmaul Husna adalah Ar Rahman atau Maha Pemurah. Kisah teladan yang akan disampaikan dari arti nama itu ada pada cerita Ali bin Abi Thalib dan Fatimah yang sedang berpuasa.

Baca juga: 13 Trik Membaca Buku agar Mudah Terserap Secara Maksimal

Dikisahkan, Ali bin Abi Thalib dan Fatimah hanya memiliki tiga kantung tepung roti untuk berbuka puasa. Setiap kantung tepung dioleh menjadi roti setiap harinya. Ini karena Ali dan Fatimah akan berpuasa tiga hari berturut-turut.

Ali dan Fatimah pun telah bersiap menunggu azan Magrib untuk berbuka puasa. Tidak disangka, datang seorang fakir miskin ke rumah mereka meminta makanan, karena lapar dan belum makan apapun.

Akhirnya, Ali dan Fatimah memberikan fakir miskin itu roti untuk mereka berbuka puasa. Ali dan Fatimah pun akhirnya hanya berbuka puasa dengan air putih, karena roti yang mereka miliki untuk berbuka hari itu diberikan ke fakir miskin.

Baca juga: Kenapa Minum Kopi Bagi Ibu Hamil Kurang Baik, Berikut Penjelasan Prof Zubairi Djoerban

Pada hari kedua, saat Ali dan Fatimah hendak berbuka puasa, datang pula anak yatim yang kelaparan. Dia mengaku belum makan apapun. Ali dan Fatimah kemudian memberinya roti untuk berbuka puasa mereka hari itu.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X