• Selasa, 9 Agustus 2022

Foto Dua Pejuang Gugur usai Dieksekusi Mati Tentara Belanda Viral di Media Sosial

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 16:03 WIB
Foto dua pemuda gugur dieksekusi tentara Belanda. Foto: Istimewa
Foto dua pemuda gugur dieksekusi tentara Belanda. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Sebuah foto dua orang pemuda di dalam satu lubang galian setelah dieksekusi mati tentara Belanda viral di media sosial. 

Diduga, foto ini berasal dari era perang kemerdekaan 1945-1949. Foto ini disebut-sebut juga otentik keasliannya. Namun, tidak diketahui di mana dan dalam peristiwa kedua pejuang Indonesia itu gugur. 

Foto ini pertama dibagikan oleh akun Facebook Album Sejarah. Dalam caption panjangnya, disebutkan foto itu semasa perang kemerdekaan.

Baca juga: Masuknya Islam ke Indonesia, Tinjauan Empat Teori dari Makkah hingga Cina

"Foto ini tidak ada keterangan lokasi maupun tahunnya, yang jelas semasa perang kemerdakaan 1945-1949," tulis keterangan dalam unggahan foto itu, dikutip Harian Massa, Sabtu (22/1/2022). 

Dilanjutkan unggahan itu, foto ini berasal dari sejumlah foto yang telah ditemukan oleh petugas Museum Verzets di Belanda bernama Joost Lamboo. Tidak dijelaskan di mana ia menemukan foto ini.

"Sekitar 179 lembar foto sejarah lainnya juga ditemukan olehnya. Foto-foto ini dibuang oleh pemiliknya yang tidak diketahui identitasnya, diyakini ia pernah bertugas di Indonesia," sambung unggahan itu lagi. 

Baca juga: Helikopter Satgas Damai Cartenz Diserang OPM, 1 Anggota Polri Tertembak di Dada

Dalam foto itu, tampak dua orang pemuda Indonesia yang diduga sebagai pejuang kemerdekaan, berusia belasan tahun telah gugur. 

Jasad kedua pemuda itu, lalu ditaruh dalam satu lubang yang diduga digali untuk mengubur keduanya. Menurut peneliti dari NIOD (Institut Dokumentasi Perang Belanda), foto ini sangat otentik keasliannya.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X