• Selasa, 9 Agustus 2022

Henri MacLaine Pont, Arsitek Kelahiran Jatinegara di Balik Penetapan Ibu Kota Majapahit

- Senin, 17 Januari 2022 | 07:10 WIB
Rancangan bangunan Henri MacLaine Pont. Foto: Istimewa
Rancangan bangunan Henri MacLaine Pont. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Henri MacLaine Pont merupakan arsitek kelahiran Jatinegara yang sangat tersohor, pada paruh pertama abad ke-20. 

Dialah orang pertama yang menemukan Trowulan sebagai ibu kota Majapahit, sehingga bisa dikenal seperti sekarang ini. Di luar pro dan kontra yang ada, di Trowulan ditemukan peninggalan Majapahit.   

Henri MacLaine Pont lahir, pada 21 Juni 1885 dan meninggal pada 2 Desember 1971. Meski kelahiran Jatinegara, dari garis ibunya dia memiliki keturunan orang Buru. Sedangkan dari garis ayahnya, mengalir darah campuran Skotlandia, Spanyol, dan Huguenot (Prancis).

Baca juga: Viral Video Porno Belatung, Netizen Langsung Jijik!

Dia mendapat gelar arsitektur dari Institut Teknologi Delft (TH Delft), Belanda. Setelah lulus, dia kembali lagi ke Hindia Belanda. 

Pada masa awal karirnya di Hindia Belanda, konsep bangunannya adalah memodifikasi gaya bangunan Eropa untuk kondisi tropika yang lembap, bersuhu tinggi, dan bercurah hujan tinggi.

Namun, pengalamannya dalam menangani berbagai bangunan candi (terutama di Trowulan), membuatnya mengubah konsepbangunan tradisional lokal Hindia (Indonesia) yang dikenal sebagai gaya Indisch.

Baca juga: Atas Nama Toleransi, Rektor UIN Minta Pelaku Pembuang Sesajen di Gunung Semeru Dimaafkan

Dalam gaya ini namanya dapat disejajarkan dengan Thomas Karsten, seorang arsitek dan penata ruang lingkungan yang juga rekan kerjanya.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X