• Jumat, 12 Agustus 2022

Kewajiban Karantina Covid-19 Ditinjau dari Sudut Persaingan Usaha Bidang Kesehatan

- Kamis, 13 Januari 2022 | 20:48 WIB
Ilustrasi/ist
Ilustrasi/ist

HARIAN MASSA - Kondisi pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19) saat ini menjadi rawan dimanfaatkan pihak-pihak tertentu untuk mencari keuntungan pribadi yang mengabaikan persaingan usaha secara sehat.

Hal demikian menimbulkan risiko terjadinya pelanggaran persaingan usaha pada berbagai komoditas vital yaitu fasilitas kesehatan, obat-obatan hingga bahan pangan sampai yang terbaru kali ini adalah kewajiban untuk karantina bagi para pendatang yang akan ke Indonesia.

Hal tersebut harus diperhatikan oleh Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) selaku badan pengawas persaingan usaha karena selama masa pandemi tidak sedikit berbagai laporan masyarakat secara langsung mengawasi berbagai persoalan mengenai dugaan pelanggaran persaingan usaha yang diatur dalam UU No.5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Baca juga: Terobos Penjagaan Polres Lumajang, Pria Gangguan Jiwa Serang Polisi dengan Pisau

Aturan terbaru tentang karantina bagi WNI/WNA yang melakukan perjalanan dari luar negeri ini tertuang dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 No. 25/2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Covid-19.

Isi dari Surat Edaran tersebut adalah antara lain mewajibkan setiap pelaku perjalanan internasional melakukan tes RT-PCR saat kedatangan, karantina 10 x 24 jam, dan tes ulang RT-PCR kedua pada hari ke-9 karantina.

Presenter Najwa Shihab membongkar kejanggalan yang dialami oleh sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang baru pulang dari luar negeri. WNI yang baru datang dari luar negeri pakai tes PCR Covid-19 yang diduga palsu.

Dijelaskannya, para WNI diminta untuk menjalani tes PCR dan karantina di hotel begitu tiba di Indonesia sebagai syarat selama masa pandemi Covid-19.

Baca juga: KelasMocca akan Digelar di Kandank Jurank Creative Park Tangsel, Yuk Daftar

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X