• Rabu, 10 Agustus 2022

Cerita Betawi: Sabeni, Jago Tenabang yang Pukul Jatuh Tentara Jepang

- Senin, 20 Desember 2021 | 07:35 WIB
Ilustrasi jago silat. Foto: Istimewa
Ilustrasi jago silat. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Setiap kota punya cerita. Setiap cerita pasti ada orangnya. Sabeni, pendekar dari tanah Betawi sosoknya.

Kisah Sabeni sangat melegenda di wilayah Jakarta. Utamanya daerah Tenabang atau Tanah Abang. Cerita Sabeni yang paling top adalah jurusnya Kelabang Nyeberang yang berhasil pukul jatuh tentara Jepang.

Seperti dilansir dari Seni Main Pukulan Sabeni Tenabang, Sabeni lahir di Kebon Pala Tanah Abang, pada 1860 dari pasangan Canam dan Piyah.

Baca juga: 5 Makanan Raja-Raja di Indonesia, Nomor 2 Terbuat dari Ulat Pohon

Nama Sabeni mulai dikenal luas setelah Sabeni mengalahkan jago dari Kemayoran yang dijuluki Macan Kemayoran. Tarung jurus, terjadi ketika Sabeni melamar puteri tuh jago. Jurus menang, Sabeni akhirnya kawin.

Selain itu, ada cerita lain Sabeni mengalahkan jago Kuntau dari Cina di Princen Park (sekarang Lokasari). Jago ini sengaja didatangkan penjajah Belanda bernama Tuan Danu, untuk menjajal pukulan Sabeni.

Brak! Sekali tampol jago Kuntau jengkang. Ternyata, Sabeni lagi diuji. Kemudian oleh penjajah Belanda, Sabeni diangkat menjadi seorang Serehan (sebutan untuk kepala kampung) di Tenabang.

Baca juga: Solidaritas Letusan Gunung Semeru, Pedagang Buku Lawas Lelang Foto Asli Bung Karno Sampai Dokumen Tapol PKI

Cerita top lainnya, saat Sabeni usia usia lanjut 83 tahun. Pada usianya itu, Sabeni masih sanggup memukul jatuh jago-jago silat dari Jepang.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X