• Kamis, 18 Agustus 2022

Cerita Nyai Dasima dan Kisah Pergundikan yang Dibalut Sentimen Anti Islam

- Minggu, 19 Desember 2021 | 13:53 WIB
Poster film Nyai Dasima. Foto: Istimewa
Poster film Nyai Dasima. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Cerita Nyai Dasima, pernah sangat populer di Tanah Air. Cerita ini berkisah tentang pergundikan yang marak terjadi saat itu. 

Saking populernya, cerita Nyai Dasima sering dijadikan pertunjukan sandiwara, bahkan dibuatkan film. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, cerita tentang pergundikan mulai dilupakan. 

Padahal, konteks cerita zaman lampau dan kini itu tidak berbeda jauh. Praktik gundik modern, hanya mengubah bentuk dan wajah saja. 

Baca juga: Di Bawah Lentera Merah, Buku Soe Hok Gie yang Sempat Dilarang Kejaksaan Agung

Seperti dikutip dari Ensiklopedia Sastra Indonesia Kemendikbud, cerita Nyai Dasima mengisahkan kehidupan seorang nyai bernama Dasima yang dipelihara oleh tuannya Edward W, seorang kebangsaan Inggris.

Dasima diceritakan hidup sangat bahagia bersama dengan tuanya itu. Mereka bahkan sampai memiliki anak perempuan bernama Nancy.

Harta kekayaan sang tuan juga sebagian dipercayakan kepada Dasima, hingga Dasima dikenal sebagai Nyai terkaya dan tercantik di Batavia. 

Baca juga: Perawan Desa, Karya Sastra yang Hilang Karangan WR Supratman Diterbitkan Ulang

Dalam karangan G Francis, diceritakan bahwa banyak laki-laki Islam yang ingin memperistri Dasima. Namun, kesetiaan Dasima terhadap tuan Edward W sangat kokoh. Dasima menyimpan sayang kepadanya.  

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X