• Kamis, 18 Agustus 2022

Kisah Cinta Beda Agama dr Soetomo dengan Gadis Belanda Dipisahkan Maut

- Jumat, 17 Desember 2021 | 08:10 WIB
Soetomo dan istrinya. Foto: Istimewa
Soetomo dan istrinya. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Blora menyimpan banyak kenangan sejarah. Salah satunya rumah dr. Soetomo yang terletak di Jalan Sumodarsono. 

Rumah itu, menyimpan banyak kenangan. Terutama kisah cinta antara Soetomo dengan gadis keturunan Belanda, Everdina Bruring. 

Eko Arifianto (44), pemerhati sejarah Blora mengatakan, Everdina Bruring, merupakan perempuan keturunan Belanda beragama Kristen.

Baca juga: Polemik Fatwa Haram Rayakan Natal Membuat Buya Hamka Mundur dari MUI

"Ia bekerja sebagai perawat di Rumah Sakit (RS) Blora, untuk mengobati kesendiriannya setelah ditinggal suami pada 1917," kata Eko, saat berbincang dengan Harian Massa, Kamis (16/12/2021).  

Dilanjutkan dia, sedangkan dr. Soetomo, sang pendiri Boedi Oetomo, juga baru saja datang dari Sumatera, karena pindah tugas di Blora.

Baca juga: 92 Tahun Lalu, 2.500 Orang Meninggal dan 500 Hilang saat Gempa Tsunami Flores

"Everdina dan dr. Soetomo pun akhirnya jatuh cinta. Soetomo jatuh hati saat melihat roman Everdina yang pucat, dan geraknya yang kurang berdaya. Perangai itu membuatnya sangat jatuh hati," ungkap Eko.

Sama seperti abad ini, kisah cinta beda agama antara Soetomo yang Islam dan Everdina yang Kristen ditentang oleh netizen saat itu. 

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X