• Selasa, 25 Januari 2022

Riwayat RM Ngabehi Soemoharyomo, Ayahanda Ibu Tien Soeharto dengan 9 Anaknya

- Senin, 15 November 2021 | 05:25 WIB
Ibu Tien dan Soeharto berfoto bersama keluarga besar. Foto: Twitter Sejarah Nusantara
Ibu Tien dan Soeharto berfoto bersama keluarga besar. Foto: Twitter Sejarah Nusantara

HARIAN MASSA - Tidak banyak yang mengenal, apalagi mengingat nama Raden Mas (RM) Ngabehi Soemoharyomo (1892-1972). 

Salah satu cucu dari Mangkunegoro III ini merupakan ayah dari Ibu Tien Soeharto, istri Presiden Indonesia ke-2 Soeharto. Dalam foto yang diunggah Twitter Sejarah Nusantara @indo_history101, tampak foto RM Ngabehi Soemoharyomo berfoto dengan keluarga besar. 

Diantara yang berfoto itu, tampak Ibu Tien dan Soeharto sedang duduk. RM Ngabehi Soemoharyomo sendiri tampak memakai peci hitam. 

Baca juga: Ini Catatan Kritis Dian Sastro Dukung Permendikbud 30 Tahun 2021 Tentang Kekerasan Seksual

"Bapak yang berpeci ini adalah Raden Mas Ngabehi Soemoharyomo (1892-1972). Beliau salah satu cucu dari Mangkunegoro III," cuit Twitter Sejarah Nusantara, dikutip Harian Massa, Minggu (14/11/2021). 

Pada tahun 1922, Soemoharyomo menikah dengan Hatmanti dan punya sembilan anak. Salah satunya bernama Siti Hartinah alias Tien.

Baca juga: Penelitian Ini Ungkap Kenapa Lokalisasi Lebih Baik Ketimbang Sembunyi-sembunyi

"Beliau menikah dengan Ibu Hatmanti dan melahirkan 9 anak yang hidup semuanya. Salah satu putrinya yang bernama Siti Hartinah kemudian menikah dengan Kolonel Soeharto yang kelak menjadi Presiden ke-2 Republik Indonesia," sambung cuitan itu.

Jabatan terakhir Soemoharyomo di Pura Mangkunegaran adalah Bupati Mandrapura Kasatriyan Mangkunegaran Surakarta dengan gelar Kanjeng Raden Mas Tumenggung Haji Soemoharyomo.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X