• Jumat, 12 Agustus 2022

Dibalik Sejarah Piala Sudirman Ternyata Terdapat Tokoh Bulu Tangkis Indonesia

- Kamis, 30 September 2021 | 21:00 WIB
Dibalik Sejarah Piala Sudirman Ternyata Terdapat Tokoh Bulu Tangkis Indonesia (Foto: Twitter @badminton)
Dibalik Sejarah Piala Sudirman Ternyata Terdapat Tokoh Bulu Tangkis Indonesia (Foto: Twitter @badminton)


HARIAN MASSA - Piala Sudirman atau Sudirman Cup adalah salah satu kejuaraan bulu tangkis bergengsi di dunia. Adapun, Piala Sudirman 2021 akan digelar pada 26 September hingga 3 Oktober di Vantaa, Finlandia.

Piala Sudirman 2021 merupakan edisi ke-17 dari turnamen bulu tangkis atau badminton dua tahunan tersebut. Piala Sudirman pertama kali digelar pada 1989 di Jakarta dengan tuan rumah Indonesia tampil sebagai juara usai mengalahkan Korea Selatan pada pada pertandingan final.

Piala Sudirman merupakan turnamen beregu campuran dengan lima nomor yang dipertandingkan yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Baca Juga : Sejarah Singkat Tragedi G30S-PKI

Asal-usul Nama Piala Sudirman

Dikutip dari situs resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia atau Badminton World Federation (BWF), nama kejuaraan Piala Sudirman diambil dari nama tokoh bulu tangkis Indonesia, Dick Sudirman.

Dick Sudirman yang lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara, pada 19 April 1922 adalah mantan atlet bulu tangkis Indonesia.


Semasa hidupnya, pria yang wafat di Jakarta pada 10 Juni 1986 itu memiliki jasa besar terhadap perkembangan bulu tangkis nasional dan dunia.

Sudirman adalah salah satu pendiri induk organisasi bulu tangkis Tanah Air, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Ia juga pernah menjabat sebagai ketua PBSI selama 22 tahun, dari 1952 hingga 1963 dan 1967 hingga 1981.

Halaman:

Editor: Ilham Restu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X