• Selasa, 9 Agustus 2022

Pembantaian Massal PKI 1965-1966, Matinya 3 Petani di Depan Gereja

- Kamis, 30 September 2021 | 18:30 WIB
Penangkapan anggota Pemuda Rakyat. Foto: Instagram koleksi_sejarah_indo
Penangkapan anggota Pemuda Rakyat. Foto: Instagram koleksi_sejarah_indo

HARIAN MASSA - Pembantaian massal terhadap anggota dan simpatisan PKI tahun 1965-1966 masih menyisakan duka. Ibarat luka, pembantaian massal itu tidak pernah kering dan selalu basah, karena terus dikopekin.

Pembantaian massal PKI tidak hanya terjadi di Jawa saja. Tetapi juga mengganas di luar daerah, seperti di wilayah Timur. Meski tidak seganas di Jawa, pembantaian PKI di luar daerah ini sangat penting. Terutama di basis Kristen.

Seperti yang dipaparkan oleh sastrawan muda asal NTT, Felix Nesi, dalam laman Facebook-nya. Felix menceritakan, pengalaman bibinya yang merupakan saksi mata pembantaian massal di wilayah Timur.

Baca juga: Perubahan Sikap Hercules Setelah Mempelajari Agama Islam, Rajin Puasa dan Sedekah Anak Yatim

"Hari ini kita mengenang peristiwa yang mengawali pembantaian massal di Indonesia. Pembantaian yang menelan sekurang-kurangnya 500 ribu hingga 3 juta jiwa," katanya, seperti dikutip Harian Massa, Kamis (30/9/2021).

Meski telah berlangsung selama puluhan tahun, narasi peristiwa pembantaian massal terhadap anggota dan simpatisan PKI ini masih saja diulang-ulang. Bagi saksi mata dan korban, peristiwa ini menjadi trauma seumur hidup.

Felix termasuk beruntung. Dia masih bisa mendengar cerita langsung saksi mata pembantaian itu. Saksi itu, bernama Mama Klara, yang tidak lain merupakan kakak dari ibunya. Dari keterangan inilah, pembantaian di Timur tersingkap.

Baca juga: BERITA FOTO: Mural-mural Langka di Masa Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

"Sebelum misa berakhir, seseorang naik ke podium di altar dan beri pengumuman: Bapak dan ibu sekalian, sesudah ini kita akan membunuh beberapa ekor sapi di depan gereja. Silakan datang kalau ingin menyaksikan," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X