• Sabtu, 13 Agustus 2022

Kerap Tuai Kegagalan, Pria Ini Akhirnya Mantap Jalani Bisnis Properti

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 23:59 WIB
Sebelum menjadi pebisnis properti sukses, Hendri Saputra pernah mengalami kerugian hingga Rp5 miliar. (Foto: dok. pribadi)
Sebelum menjadi pebisnis properti sukses, Hendri Saputra pernah mengalami kerugian hingga Rp5 miliar. (Foto: dok. pribadi)

HARIAN MASSA - Berkali-kali gagal merintis bisnis, tidak membuat Hendri Saputra berhenti begitu saja. Padahal, kerugian yang ia terima tidaklah tanggung-tanggung.

Sebelum menjadi pebisnis properti sukses, Hendri Saputra pernah mengalami kerugian hingga Rp5 miliar karena ditipu karyawannya sendiri. Akibatnya, ia terpaksa menjual seluruh asetnya termasuk rumah, untuk membayar hutang.

"Tahun 2015 sampai tahun 2017 jadi tahun paling sulit dan menyedihkan. Hidup ngontrak sana-sini, listrik dan air dimatikan karena nunggak 8 bulan. Bahkan beli susu anak saja harus pinjam teman," ujar pria yang akrab disapa Alunk itu.

Kegagalannya ini bukan yang pertama kali. Awal memulai bisnis, Hendri hanya memiliki modal Rp 1 juta yang dia pinjam dari kawannya. Ia memberanikan diri untuk jadikan DP tanah yang saat itu harganya Rp 160 juta.

Ia bersusah payah mencari investor untuk menutup sisa harga tanah. Hendri sangat kesulitan mencari orang yang bersedia menjadi investornya. Ia hampir putusa asa, hingga akhirnya ada kawan yang bersedia menjadi investornya.

Lantas ia langsung mengeksekusi tanah tersebut dengan membangun perumahan yang saat itu hanya ada empat unit. Sejak saat itu, bisnis propertinya mengalami perkembangan yang signifikan, ia bisa membangun hingga ratusan rumah dan membuatnya menjadi salah satu developer termuda sukses di Pontianak.

"Saya mengira bisnis ini akan baik-baik saja setelah merasakan bisnis mulai berkembang. Tapi nasib saya sedang tidak mujur, malah ditipu sama karyawan sendiri. Mau tak mau saya yang tanggung," keluhnya.

Satu-satunya yang membuat pria berusia 32 tahun ini kembali bangkit adalah buah hatinya. Demi masa depan keluarga, ia memberanikan diri membuka usaha lagi. Kali ini bukan di bidang properti melainkan bisnis makanan.

Dengan modal pinjaman dari teman, Hendri Saputra membuka toko kue oleh-oleh khas Pontianak. Sebenarnya bisnisnya terbilang sukses, namun tak ia lanjutkan karena ia kembali tertipu orang terdekatnya.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Download Aplikasi KAWAN Dijamin Beri Kemudahan

Selasa, 22 Februari 2022 | 16:34 WIB

Hati-Hati Modus Scam Robot Trading yang Meresahkan

Rabu, 16 Februari 2022 | 19:36 WIB
X