• Kamis, 18 Agustus 2022

Berhasil Raup Omzet Miliaran Rupiah, Pengusaha Muda Ini Ingin Menginpirasi Kaum Milenial

- Sabtu, 21 Agustus 2021 | 15:03 WIB
Venska Pandu ingin menginspirasi anak muda. (Foto: Instagram @venska.psp)
Venska Pandu ingin menginspirasi anak muda. (Foto: Instagram @venska.psp)

HARIAN MASSA - Mendapatkan uang milyaran dalam sekejap terdengar sangat mustahil, tapi tidak bagi Venska Pandu, founder sekaligus owner Indonesia Coco Nation. Dalam satu bulan, dia bisa meraup omset Rp 2,5 miliar hingga Rp 3 miliar dalam satu bulan.

Setidaknya, 6 kontainer charcoal briquette (arang briket dari batok kelapa) bisa ia kirim ke luar negeri. Bisnis Venska Pandu ini bergerak di bidang ekspor charcoal briquette di bawah naungan PT Mahadaya Putra Energy.

Baca juga: Tanpa Topeng Khasnya, Yuk Intip Penampilan Corey Taylor Nyanyikan Lagu Slipknot

"Dalam sebulan saya mendapatkan orderan 6 kontainer dengan omzet Rp 2,5 miliar hingga Rp 3 miliar, karena saat ini pabrik saya hanya mampu memproduksi orderan sebanyak itu. Dan saat ini saya sedang fokus membesarkan jumlah produksi pabrik untuk memenuhi permintaan para buyer," ujar Venska Pandu.

Venska Pandu mengawali bisnisnya dari seorang trader dan menjadi supplier bahan baku produk charcoal briquette yang berupa batok kelapa untuk dikirim ke beberapa pabrik. Akhirnya, pria berusia 27 tahun itu memutuskan untuk membangun pabriknya sendiri dengan modal yang ia kumpulkan selama menjadi trader dan supplier.

"Saya bertemu dan bercerita banyak hal dengan petani kelapa, lantas saya mencari tahu produk kelapa itu bisa diolah menjadi apa saja. Akhirnya, saya menemukan jika batok kelapa bisa diolah menjadi charcoal briquette," jelasnya.

Saat masih menjadi supplier pun Venska aktif bertanya pada pemilik pabrik tentang bagaimana cara membuat dan mengolah charcoal briquette yang benar. Pemilik Instagram @venska.psp itu juga mempelajari ilmu mengenai ekspor produk ke luar negeri.

Baca juga: Cerai dengan Soulfly, Marc Rizzo Fokus Proyek Solo

Saat menjadi supplier, lulusan salah satu universitas di Yogyakarta itu sempat mengekspor produk ke Korea Selatan. Setelah mempelajari itu semua, Venska memulainya dengan menjual bahan baku arang batok kelapa ke beberapa pabrik di Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Download Aplikasi KAWAN Dijamin Beri Kemudahan

Selasa, 22 Februari 2022 | 16:34 WIB

Hati-Hati Modus Scam Robot Trading yang Meresahkan

Rabu, 16 Februari 2022 | 19:36 WIB
X