• Kamis, 18 Agustus 2022

Route Optimization Disebut Mampu Tingkatkan Efisiensi Perusahaan Logistik

- Senin, 27 Juni 2022 | 16:04 WIB
Route optimization meningkatkan efisiensi perusahaan logistik dengan berbagai cara. (Foto: ilustrasi/istimewa)
Route optimization meningkatkan efisiensi perusahaan logistik dengan berbagai cara. (Foto: ilustrasi/istimewa)

HARIAN MASSA - Route optimization merupakan proses yang digunakan manajer armada untuk mendapatkan rute yang paling optimal bagi armada kendaraan mereka untuk melakukan pengiriman di berbagai rute atau jalur.

Ini bukan rute terpendek, termurah, tercepat, atau termudah, tetapi rute yang mempertimbangkan berbagai kendala yang harus diseimbangkan oleh manajer armada untuk jadwal dan pengiriman harian mereka, misalnya jumlah kendaraan, pengemudi, jenis kargo, tujuan dan jarak, cuaca, lalu lintas, dan lainnya.

"Karena ini adalah tugas yang sangat berat yang melibatkan komputasi besar dan tim besar, hal ini paling baik diselesaikan dengan menggunakan software transportation management yang modern dan otomatis," ujar Co-founder McEasy, Hendrik Ekowaluyo dalam keterangan persnya, Senin (27/6/2022).

Baca juga: Gandeng B16, Bamsoet Akan Gelar Lomba Burung Berkicau Piala Ketua MPR RI

"Yang mana tidak hanya tiba di rute optimal dengan cepat, tetapi juga mengoptimalkan operasional perusahaan untuk biaya dan efisiensi sambil menyeimbangkan dan menggunakan sumber daya yang tersedia," lanjutnya.

Masalah utama yang dihadapi saat melakukan route optimization dan last mile delivery adalah kendala sumber daya seperti sumber daya yang terbatas dan banyak pengiriman.

Menurut Co-founder McEasy, Raymond Sutjiono, route planner harus terus-menerus mengatasi berbagai kendala ini sambil merancang rute yang paling hemat biaya. "Namun, hasil dari route optimization harian ini adalah operasional hemat biaya yang menawarkan layanan logistik berkualitas," kata dia.

Baca juga: Pesan Seorang Siswa SD kepada Ibunya yang Meninggal Ini Bikin Ribuan Netizen Menangis

Selain itu, lanjutnya, pada kondisi pandemi berarti bahwa perusahaan logistik tiba-tiba harus menghadapi peningkatan besar dalam volume pengiriman dan ini membuat tugas route optimization menjadi lebih kompleks dan menuntut.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Download Aplikasi KAWAN Dijamin Beri Kemudahan

Selasa, 22 Februari 2022 | 16:34 WIB

Hati-Hati Modus Scam Robot Trading yang Meresahkan

Rabu, 16 Februari 2022 | 19:36 WIB
X