• Kamis, 30 Juni 2022

Hadiri Apresiasi Kreasi Indonesia 2021, Sandiaga Uno Sebut Shamila Gulai Kering Unik dan Layak Ekspor

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 15:36 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno tertarik dengan Shamila Gulai Kering karena berpotensi menjadi produk yang layak diekspor. (Foto: istimewa)
Menparekraf Sandiaga Uno tertarik dengan Shamila Gulai Kering karena berpotensi menjadi produk yang layak diekspor. (Foto: istimewa)

HARIAN MASSA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar ajang Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 di Grand City Hall, Surabaya pada 15 Oktober lalu. Ajang tersebut diharapkan dapat membantu mengangkat kembali potensi, semangat dan pendapatan UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. 

Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 diikuti oleh 20 peserta yang memenuhi syarat masing-masing di 20 kota/kabupaten yang sudah ditentukan, yakni Bogor, Tasikmalaya, Bandung, Semarang, Surakarta, Wonosobo, Jepara, Banyumas, Pekalongan, Banyuwangi, Blitar, Surabaya, Malang, Denpasar, Lombok, Medan, Palembang, Lampung, Makassar, dan Balikpapan. 

Mazaya Aqiqah menjadi salah satu UMKM dari Kota Malang yang mengikuti ajang Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 tersebut. Di sana, Mayaza menghadirkan menu andalan mereka yakni Shamila Gulai Kering, daging suwir dengan bumbu gulai khas dan rasa yang otentik.

Baca juga: Erix Soekamti Galang Dana untuk Konservasi Orang Utan di Kalimantan

Beruntungnya Shamila Gulai Kering tersebut mendapat respons yang baik dari Menparekraf Sandiaga Uno. Ia menilai produk gulai kering menu yang sangat unik karena belum pernah ia menemui menu seperti itu.

Sandiaga pun tertarik dengan Shamila Gulai Kering karena berpotensi menjadi produk yang layak diekspor. Ia pun merekomendasikan gulai kering ini untuk mengikuti special event BEDAKAN (Bedah Kemasan) agar lebih layak dipasarkan secara global.

"Produk ibu bagus, unik dan belum ada. Ini bisa jadi daya tarik tersendiri untuk ekspor, nanti kita ikutkan special event BEDAKAN supaya produk UMKM bisa lebih masuk ke pasar global," kata Sandiaga Uno kala itu.

BEDAKAN (Bedah Kemasan) sendiri merupakan salah satu program dari Ok OCE Kemanusiaan yang bertujuan untuk membantu atau mendampingi UMKM dalam mempercantik kemasan untuk setiap produk yang akan dipasarkan. Program ini menentukan kemasan yang cocok untuk setiap produk UMKM dari segi material hingga harga yang sesuai.

Yanti Dhaniaty, pencipta Shamila Gulai kering pun sangat gembira mendengar apresiasi dari Sandiaga Uno. Ia semakin semangat memperbaiki kualitas menu-menunya, khususnya Shamila Gulai Kering.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Download Aplikasi KAWAN Dijamin Beri Kemudahan

Selasa, 22 Februari 2022 | 16:34 WIB

Hati-Hati Modus Scam Robot Trading yang Meresahkan

Rabu, 16 Februari 2022 | 19:36 WIB
X